Sabtu, 04 Juni 2011

Membuat Kolam Terpal untuk Pembenihan Lele

Bermula dari dari bincang-bincang dengan teman-temannya, Pak Anto mulai melirik usaha pembenihan ika lele. Informasi awal yang didapat Pak Anto dari salah seorang pedagang ikan bahwa kebutuhan benih ikan perbulan untuk wilayah Bekasi dan Kerawang adalah sekitar 300 ribu ekor benih, dan baru terpenuhi rata-rata hanya 25 % nya saja.
Kemudian mulai dari mempelajari buku-buku tentang ikan lele hingga ikut dalam kursus pembenihan lele yang ada di wilayah Bekasi.
Setelah yakin dengan pengetahuannya Pak Anto, mulai merencanakan usaha pembenihannya. Beliau mencoba menerapkan konsep pembenihan terpadu dengan menggunakan kolam terpal.
Tepat awal bulan Pebruari 2011, Pak Anto mulai membangun lahan  pembenihan terpadunya, yang berlokasi di Jl. Telaga MIna 2, Perumahan Telaga Harapan Blok H4, RT.03/RW 011, Cikarang Barat.
Berikut saat Pak Anto mulai membangun kolam terpal terpadunya :
 Gambar 1. Pembuatan Rangka Kolam Terpal
Gambar 2. Pembuatan Sistem Saluran Air
Gambar 3. Pembuatan Sistem Saluran Air (2)

(bersambung)

3 komentar:

  1. Pak, kolam yang dibangun ini ngabisin biaya berapa ya pak ? Itu daya tampungnya berapa ribu ekor bibit ?

    BalasHapus
  2. Tergantung kolamnya untuk pembenihan atau pembesaran kalau pembesaran juga tergantung ukuran benih yang ditebar kalo mau lebih jelas datang aja k rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tolong confirmasi masalah modal dan ukuran ...bapak tinggal dimana ya ...bagaimana saya menghubungi bapak ...087887337782 terima kasih

      Hapus